Rabu, 08 Mei 2013

VALENTINE DAY isn't a MUSLIM

Jika dilihat berdasar mitos dan sejarahnya, entah betul atau tidak. Valentine Day, berasal dari mitos Yunani, tentang kisah cinta Dewa Zeus dengan Istrinya Hera, dan mereka akan turun ke bumi pada pertengahan bulan Februari. Sedangkan menurut versi Katolik, VALENTINE DAY berasal dari nama seorang Santo, yakni Santo Valentinus, yang bahkan keberadaannya pun entah benar adanya atau hanya distorsi sejarah, yang digunakan segelintir golongan dengan maksud tertentu.

Dalam Islam tidak ada yang namanya VALENTINE DAY!! Valentine=hari kasih sayang?, dengan salah kaprah dan kurangnya informasi banyak remaja mengatasnamakan 'Hari Kasih Sayang' lalu mengumbar rasa sayangnya dalam bentuk nafsu, bahkan hingga nafsu birahi. Sedangkan Islam sama sekali tidak mengajarkan atau mencontohkan semua itu!
Bukankah jelas dalam Al-Qur'an “Dan janganlah kamu menyerupai orang-orang yang bercerai-berai dan berselisih sesudah datang keterangan yang jelas kepada mereka.” (QS. Ali Imran: 105). So, setelah datangnya petunjuk dalam Al-Qur'an, namun kita masih mengikut-ikuti tradisi orang lain, sungguh berarti kita sudah termasuk pada golongan mereka, “Barang siapa meniru/menyerupai suatu kaum, maka dia adalah bagian dari mereka.” (HR. Bukhari, Ahmad, Abu Daud, dan yang lainnya)

Pagi ini di Reportase Pagi Trans7, ada berita 'seorang remaja mencuri 5 bungkus coklat batangan yang akan diberikannya pada teman-temannya..' miris melihatnya! apa gunanya seperti itu? ingin menunjukkan rasa kasih sayang, tidak perlu dengan coklat atau bertepatan pada tanggal 14 Februari. Jika ingin tunjukkan rasa sayang, tunjukkanlah dengan cara-cara yang bisa dibenarkan baik secara agama, hukum, juga sosial.

So, memberi coklat, boneka, kata-kata puitis nan indah, dsb, semua tidak dilarang dalam Islam, karna Islam adalah agama yg penuh kasih sayang (Rahmatan Lil' Alamin..), tapi alangkah bijaknya jika seorang Muslim mampu memilih cara dan waktu yang tepat tuk tunjukkan rasa kasih sayangnya tidak bertepatan pada tanggal 14 Februari, atau bagi mereka yang sudah membeli coklat dsb, marilah kita luruskan niat, bukan dalam rangka ikut-ikuta merayakan VALENTINE DAY, tapi lebih karena rasa sayang pada sesama yang tulus ditunjukkan untuk meraih CINTA dari Sang Pencipta, Allah SWT.


*Intinya, jangan termakan kata-kata manis media massa tentang segala hal mengenai VALENTINE DAY, karena semua itu semata-mata hanyalah untuk kepentingan BISNIS semata, REMAJA->CINTA->VALENTINE DAY->COKLAT/BONEKA->BISNIS->'UANG', hee

0 komentar:

Posting Komentar