Senin, 09 September 2013

Tips Meningkatkan Minat Membaca



1. Bangun Motivasi

Bangun motivasi anda untuk membaca, kenapa anda harus membaca? tanamkan rasa ingin tahu yang besar dalam diri anda, dan dengan membaca adalah salah satu cara untuk mengetahui segala hasrat keingintahuan anda. Selain itu tanamkan dalam pikiran anda bahwa membaca itu ‘keren’, lihat bagaimana para bule berjalan-jalan sambil menenteng buku, dan coba bayangkan persepsi orang terhadap anda ketika anda duduk sendiri sambil menunggu bus sambil mengisinya dengan membaca buku, orang akan berpikir ‘anda orang terpelajar/ pintar’.

2. Ubah Paradigma

Mulai rubah prasangka anda terhadap buku ’halamannya terlalu tebal’, ’jenis bacaannya membosankan’, ‘jika membaca buku bikin ngantuk ’. Buku ada banyak macamnya, begitupula genrenya, mulailah anda membaca buku berdasarkan jenis yang anda minati, seperti novel, buku sejarah, biografi, motivasi, dsb. Ketika melihat buku dengan halaman yang tebal, jangan dulu anda berprasangka “buku yang membosankan/ jenis bacaannya berat”, bisa saja ternyata buku tebal tersebut adalah ‘yellow pages’ atau ensiklopedia, dan untuk jenis buku ensiklopedia atau direktori memang bukan buku yang diperuntukan untuk dibaca seksama seperti membaca novel atau yang lainnya..

3. Cari Tahu

Ada pepatah ‘tak kenal maka tak sayang’, begitupun buku, jika anda tidak tahu ingin membaca apa atau apakah buku yang akan anda baca menarik, anda bisa terlebih dahulu mencari tahu referensi (rujukan) atau resensi (ulasan buku) yang hendak anda baca. Memperoleh info mengenai buku yang akan and abaca bisa didapat dari: catalog buku, resensi buku di internet, resensi buku di majalah/ Koran, atau bertanya pada teman atau orang yang telah membaca/mengetahui isi buku yang anda inginkan. Bisa juga anda bersikap inisiatif dengan bertanya pada petugas perpustakaan mengenai buku terbaru atau jenis buku yang menarik untuk dibaca.

4. Luangkan Waktu

Jika anda sudah memilih buku apa yang akan anda baca, maka luangkanlah waktu untuk membacanya. Anda bisa memanfaatkan waktu luang anda untuk membaca, ketika menunggu teman, ketika dalam perjalanan pulang di kendaraan umum, atau anda sengaja meluangkan waktu anda untuk membaca. Intinya, tidak akan ada peluang jika memang anda tidak menciptakan/ meluangkan peluang untuk memperkaya khasanah informasi anda..

0 komentar:

Posting Komentar