Kamis, 31 Januari 2013

Diklat Perpustakaan_Sukabumi

Diklat Menyongsong Akreditasi Perpustakaan Sekolah

27 Januari 2013 - 09.00 s.d selesai
Gedung Islamic Center Kab.Sukabumi


Diklat perpustakaan ini mengambil tema "Menyongsong Akreditasi Perpustakaan Sekolah" yang diperuntukan bagi para pustakawan sekolah di kawasan Kabupaten Sukabumi. Dalam diklat ini menghadirkan dua orang narasumber yang merupakan akademisi dan praktisi dibidang perpustakaan, yaitu Arsidi, SIP (Ketua ATPUSI D.I. Yogyakarta) dan Heri Abi Burrachman Hakim, SIP (Pustakawan ISI Yogyakarta dan penggerak SLiMS Yogyakarta).

Materi yang disampaikan dibagi menjadi 2 sesi, sesi pertama disampaikan oleh Pak Arsidi mengenai manajemen perpustakaan sekolah dan persiapan sekolah dalam mempersiapkan akreditasi perpustakaan sekolah. Beliau banyak menjelaskan mengenai peranan perpustakaan sekolah dan juga kedudukannya dimata hukum RI yang keberadaannya sudah dijamin dalam Undang-undang dan juga Peraturan Pemerintah.
Penilaian akreditasi perpustakaan sekolah terdiri dari 9 komponen penilian, yakni: 1.Gedung 2. Koleksi 3. Sarana dan Prasarana 4. SDM 5. Anggaran 6. Organisasi 7. Layanan 8. IT 9. Pengolahan
Keseluruhan komponen diatas akan menentukan tingkat profesionalitas dan kelayakan dari suatu perpustakaan sekolah, yakni mengacu pada peningkatan pelayanan prima dan peningkatan SDM Indonesia.

Pada sesi kedua, diampaikan oleh Pak Heri Abi yang seperti biasa beliau sebagai seorang praktisi perpustakaan juga penggerak Informasi Teknologi untuk perpustakaan, memperkenalkan fungsi dan peranan Informasi Teknologi yang keberadaannya sudah semakin pesat dan berkembang dengan sangat cepat, menembus semua kalangan mulai dari anak-anak hingga dewasa disegala segi kehidupan, sehingga keberadaan IT tidak dapat terpisahkan dari kehidupan manusia saat ini.
Berlandaskan dari latar belakang tersebut, beliau memotivasi para pustakawan untuk tidak ketinggalan dalam penerapan IT dalam sistem layanan di perpustakaan sekolah. Hal ini guna meningkatkan pemenuhan kebutuhan para pemustaka akan sumber informasi juga otomatisasi layanan perpustakaan berbasis IT, dengan menmggunakan Open Source Software SLiMS yang dikembangkan oleh komunitas pecinta perpustakaan dan IT di Jogja.
Software ini berbasis online atau WEB, namun dalam penerapannya dapat juga digunakan secara Offline yang hanya membutuhkan 1 buah PC. Software ini dibuat untuk memudahkan para pustakawan dalam melakukan administrasi, layanan, inventarisasi, keanggotan hingga OPAC (online public access catalog). 

Diklat seperti ini dirasa sangat berguna dalam rangka sosialisasi informasi dan silaturahmi bagi para pustakawan untuk meningkatkan kompetensi SDM pustakawan yang terdidik dan menjunjung tinggi profesionalitas, dalam rangka pelayanan optimal perpustakaan sekolah sehingga peran dan fungsi perpustakaan sekolah sebagai tonggak peningkatan pendidikan di Indonesia dapat tercapai.
Selain itu kurangnya kegiatan dari organisasi-organisasi tenaga pustakawan di tingkat Jawa Barat, menjadi salah satu kendala kurangnya sosialiasi dan informasi bagi para Pustakawan sekolah khususnya di daerah-daerah.

Gedung Islamic Center KAb.Sukabumi

Panitia Pelaksana Diklat dan Narasumber.Sukabumi. Jan 27, 2013


0 komentar:

Posting Komentar