Selasa, 15 Januari 2013

Pertimbangan Dalam Memilih Sekolah Lanjutan


Pada saat mengarahkan atau memasukkan anak untuk melanjutkan sekolah ke jenjang pendidikan menengah atas, sering kali menjadi alasan mentoknya siswa dalam menjalani hari-hari mereka di sekolah. Sebetulnya disinilah peran penting orangtua dalam mengarahkan potensi, peluang, dan kemampuan siswa/ keluarga untuk mengarahkan anak-ank mereka dalam meraih kesuksesan setelah lulus dari jenjang pendidikan formal. Dengan kata lain, keputusan yang tepat dalam menentukan pilihan sekolah jenjang pendidikan menengah atas, merupakan salah satu faktor penentu bagi anak untuk mengaruhi kehidupan mereka sebagai manusia pra dewasa, yang bukan lagi remaja dengan jiwa yang meledak-ledak tapi menjadi pribadi yang dituntut tingginya rasa tanggung jawab dalam menghadapi gerbang kedewasaan.

Keputusan dalam menyekolahkan anak menuju jenjang pendidikan menengah atas, menjadi sebuah tanggungjawab yang harus dipikirkan secara matang oleh para orang tua. Jadi pada saat anak sudah mulai menjalani hari-harinya di sekolah, jangan sampai ada kata "putus di tengah jalan karena masalah keuangan". Oleh karena itu, segala sesuatunya haruslah dipikirkan secara matang dan terencana.

Lalu ada pertanyaan, "Melanjutkan ke SMA atau SMK?", "Lanjutkan ke SMK saja supaya cepat kerja", "Lebih baik ke MA (Madrasah Aliyah) supaya murah", "Ke sekolah itu saja yang jaraknya dekat, supaya tidak perlu 'ongkosan'!", "Terserah kau saja mau melanjutkan ke mana", "Kamu harus masuk SMA Negeri terfavorit!". Semua pertanyaan dan pernyataan di atas seringkali terlontar ketika anak akan melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan menangah atas.

Memilih sekolah lanjutan haruslah berdasarkan pertimbangan;
  1. Kemampuan, minat, dan bakat
  2. Tujuan akhir lulusan: melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi (kuliah), bekerja, membuat usaha sendiri (enterpreneur)
  3. Kualitas sekolah menengah atas
  4. Terakhir barulah masalah jarak dan biaya
Setelah memilih sekolah berdasarkan minat dan kemampuan anak, barulah menentukan jenis sekolah yang akan dimasuki, saat ini jenjang pendidikan menengah atas terdapat 3 pilihan, yakni Sekolah Menengah Atas/ Umum (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan Madrasah Aliyah (MA). Masing-masing jenis sekolah diatas memiliki keunggulan, fungsi, dan kompetensi lulusan yang sangat berbeda. Oleh karena itu, pilihan bijak sesuai dengan pertimbangan di atas, diharap dapat membuat siswa merasa yakin dengan sekolah yang sedang dijalaninya untuk meraih masa depan yang gemilang.
 

0 komentar:

Posting Komentar